Rabu, 11 Maret 2009

Pertumbuhan Kredit Perbankan Sumut 23,1 Persen

Pertumbuhan Kredit Perbankan Sumut 23,1 Persen
Medan, (Analisa)

Kabid Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Cabang Medan, Maurids H Damanik mengatakan pertumbuhan kredit perbankan di Sumut pada 2008 lalu mencapai 23,1 persen dari target 18 persen.
“Pertumbuhan tersebut sudah tergolong bagus dan diharapkan pada 2009, kredit bisa tumbuh minimal sebesar itu dalam kondisi likuiditas masih ketat ”, katanya menjawab pertanyaan Analisa di Medan, Senin (16/2)

Dia mengakui pada 2008 banyak pelaku usaha yang tidak menarik pinjamannya di bank meski sudah disetujui. “Hingga saat ini tercatat Rp11,03 triliun kredit yang belum ditarik”, katanya.
Tentang suku bunga pinjaman masih tinggi, Maurids melihat bank-bank juga sudah mulai menurunkan suku bunga, dalam upaya mendorong pengembangan sektor riil di daerah ini.
Dia mengatakan dalam kondisi ekonomi belum stabil perbankan melihat perkembangan pasar dalam menurunkan suku bunga.

Sementara itu, Yusra Area Sales Manager Bank Danamon yang ditanya di tempat terpisah mengatakan Danamon sudah menurunkan suku bunga pinjaman dari 17,5 persen menjadi 15,5 persen.

“Namun masih tergolong tinggi. Tingginya suku bunga, pelaku usaha juga berpikir untuk meminjam. Apalagi likuiditas sulit”, tambah Tio Lie Meng, yang juga Area Sales Manager.
Menyinggung tentang pertumbuhan kredit Danamon Yusra menyebutkan mencapai 25 % atau sebesar Rp67 triliun. “Total pendanaan 24 persen atau sebesar Rp88 triliun”, rincinya.(bay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar